Home » , » Kemenag Terus Persiapkan Penyelenggaraan Haji 2013

Kemenag Terus Persiapkan Penyelenggaraan Haji 2013

Written By Unknown on Rabu, 24 Juli 2013 | 04.24

Bahrul Hayat (Sekjen Kemenag)

Jakarta (Pinmas)—Menyusul pengurangan kuota jamaah haji Indonesia sebanyak 20 persen, Kementerian Agama (Kemenag) tengah mempersiapkan langkah antisipasi untuk menghadapi perubahan dalam penyelenggaraan haji ini maupun tahun berikutnya.
“Saat ini kami sudah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi bila memang kebijakan pengurangan kuota negara-negara anggota OKI termasuk Indonesia, diberlakukan sampai
Penyelenggaraan Haji 2016,” kata Sekjen Kemenag Bahrul Hayat pada acara buka bersama pejabat dan wartawan Koordinatoriat Kemenag di Rumah Dinas Sekjen, Jumat (19/7) malam.
Berkaitan dengan persiapan penyelenggaraan haji tahun 1434 H/ 2013 ini, Bahrul mengatakan bahwa kini tim Kemenag tengah melakukan proses paspor dan visa jamaah yang akan berangkat tahun ini.
Selain itu, tim Kemenag juga terus melakukan negosiasi terhadap pemilik katering dan pemondokan di Makkah dan Madinah, agar tidak berlaku hitam putih atas kontrak-kontrak dengan pemerintah Indonesia.
Kemenag tetap menginginkan terjadi perjanjian baru bahwa jamaah haji kita hanya 80 persen dari jumlah sebelumnya, sehingga tak layak bila dikenakan biaya laksana jumlah yang 100 persen.
“Pemotongan 20 persen post major kebijakan Arab Saudi, jadi kontrak-kontrak seperti kontrak pemondokan harus disesuaikan,” tandasnya.
Terkait dengan adanya informasi dari pemerintah Arab Saudi bahwa pengurangan kuota kemungkinan akan diterapkan sampai dengan penyelenggaraan haji 2016 mendatang. Menurut Bahrul, Indonesia yang kini mempunyai masa tunggu berangkat haji sampai belasan tahun sangat berharap pengurangan tersebut tidak harus sebanyak 20 persen.
“Pengurangan kuota sebanyak 20 persen pada penyelenggaraan haji 2013 ini sudah berdampak menambah masa tunggu jemaah haji kita,” ujarnya.
Acara buka bersama dihadiri pejabat antara lain Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar, Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil, Irjen Kemenag M Jasin, Staf Ahli Menag Abdul Fatah, serta mantan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Slamet Ryanto, dan mantan Irjen Suparta. (ks)


Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik mencerminkan diri anda. Terima kasih...

 
Beranda | Profil | Kontak | Sambutan
Copyright © 2011-2015. Nururrahman - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger