Home » , » Jamaah Banyak Kehilangan Orientasi di Antara Gedung Tinggi

Jamaah Banyak Kehilangan Orientasi di Antara Gedung Tinggi

Written By Unknown on Rabu, 26 September 2012 | 20.15

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH — Kebanyakan jamaah tersesat karena kehilangan orientasi saat melihat banyak gedung tinggi dan hampir sama bentuknya. Selain itu, mereka juga tidak hafal jalan masuk menuju masjid. Namun ada pula yang tersesat karena terpisah dari rombongannya.

“Masjid Nabawi kan banyak pintu masuknya. Kadangkala usai shalat mereka langsung mengikuti jamaah lainnya dan ternyata keluar ke arah pintu utama.  Yang nyasar tidak hanya orang-orang tua, tapi yang muda pun juga ada,” ujar Kepala Daker Madinah, Akhmad Jauhari.

Jauhari mengingatkan agar jamaah menandai dan mengenali lokasi sekitar tempat penginapan mereka. “Jangan langsung ibadah di Masjid Nabawi, tapi perhatikan dan tandai perumahan tempat menginap. Jangan jalan sendiri-sendiri, tapi harus bersama kelompok dengan menyertakan orang yang sudah mengenal lokasi,” ujarnya.

Dia mengatakan, banyak jamaah tersesat karena baru pertama kali datang ke Tanah Suci. Mereka belum mengenal medan atau lokasi dengan baik. “Tahun ini banyak jamaah haji berusia lanjut, karena itu kita terus meningkatkan pelayanan dan antisipasi,” ujar dia.

Para petugas haji sendiri berusaha optimal melayani jamaah, termasuk mereka yang tersesat itu.  “Banyak jamaah kita yang tersesat jalan dan harus segera diantarkan ke pemondokannya. Sering terjadi, jamaah yang tersesat jalan, mereka baru datang, langsung ke masjid, tanpa memperhatikan betul posisi letak pemondokannya dari tempat ibadah itu,” ujarnya.

Setiap jamaah yang sesat jalan, tutur Jauhari, diistirahatkan terlebih dulu di kantor sektor, serta dicatatkan identitas dan posisi pemondokannya. “Kita siapkan mobil, mini bus untuk mengantar jamaah yang tersesat jalan ini ke pemondokannya. Ini beroperasi 24 jam penuh” ujarnya.

Editor: Dewi Mardiani
Reporter: Endah Hapsari (Madinah)

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik mencerminkan diri anda. Terima kasih...

 
Beranda | Profil | Kontak | Sambutan
Copyright © 2011-2015. Nururrahman - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger